Tugas Pokok dan Fungsi

Profil

Dinas Lingkungan Hidup Daerah mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup daerah.

 

TUGAS POKOK DAN RINCIAN TUGAS UNIT

Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas pokok merumuskan sasaran, mengarahkan, menyelenggarakan, membina, mengoordinasikan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan program kerja Dinas.

Rincian tugas Kepala Dinas:

  1. menyelenggarakan penyusunan rencana program kerja Dinas;
  2. merumuskan dan menetapkan visi dan misi serta rencana strategik dan program kerja Dinas untuk mendukung visi dan misi daerah;
  3. menyelenggarakan penyiapan bahan penetapan kebijakan Walikota dalam bidang lingkungan hidup;
  4. menyelenggarakan perumusan dan penetapan kebijakan teknis operasional dibidang kajian lingkungan dan konservasi SDA, Pengendalian Pencemaran lingkungan dan pengelolaan sampah;
  5. menyelenggarakan pengoordinasian pelaksanaan kegiatan Dinas;
  6. menyelenggarakan pembinaan dan mengarahkan semua kegiatan unit;
  7. melaksanakan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah atau unit kerja lain yang terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas Dinas;
  8. memberikan saran dan pertimbangan kepada Walikota dalam penyelenggaraan tugas pembangunan dan tugas umum pemerintahan di bidang lingkungan hidup;
  9. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah;
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan bidang tugasnya;


Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan administrasi, koordinasi dan pengendalian
dalam pelaksanaan kegiatan ketatausahaan yang meliputi pengelolaan umum, kepegawaian, keuangan, serta perencanaan, evaluasi dan pelaporan.

Rincian tugas Sekretariat :

  1. menyelenggarakan penyusunan rencana program kerja Sekretariat;
  2. mengoordinasikan penyusunan rencana program kerja Dinas;
  3. mengelola administrasi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan dan barang daerah serta kerumahtanggaan dinas;
  4. menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik di lingkungan dinas
  5. menyiapkan rancangan peraturan dan ketentuan lainnya di bidang kajian lingkungan dan konservasi SDA, Pengendalian pencemaran lingkungan dan pengelolaan persampahan;
  6. menyelenggarakan pengelolaan data statistik di bidang kajian lingkungan dan konservasi SDA, Pengendalian pencemaran lingkungan dan pengelolaan persampahan
  7. mengoordinasikaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kerja dinas;
  8. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan laporan yang terkait dengan tugas sekretariat;
  9. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait; dan
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sekretariat membawahkan :

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Sub Bagian Keuangan; dan
  3. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan

 

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan barang milik daerah di lingkungan Dinas, pengelolaan rumah tangga, ketatausahaan dan perpustakaan, pengelolaan administrasi kepegawaian serta pengembangan kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik.


Rincian tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. melaksanakan ketatausahaan di lingkungan dinas;
  3. melaksanakan pengelolaan perpustakaan dinas;
  4. melaksanakan pengurusan kerumahtanggaan dinas;
  5. melaksanakan pengelolaan barang milik daerah di lingkungan dinas;
  6. mengelola kepegawaian di lingkungan dinas;
  7. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan dan pengembangan kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan public di lingkungan dinas;
  8. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan laporan yang berkaitan dengan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  9. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait; dan
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan.

Rincian tugas Sub Bagian Keuangan :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program kerja Sub Bagian keuangan;
  2. melaksanakan penatausahaan keuangan;
  3. melaksanakan pembinaan penatausahaan keuangan di lingkungan dinas;
  4. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan laporan yang berkaitan dengan tugas Sub Bagian Keuangan;
  5. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait; dan
  6. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan mempunyai tugas pokok mengoordinasikan penyusunan rencana kerja, evaluasi dan pelaporan kegiatan dinas.

Rincian tugas Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan :

  1. melaksanakan penyusunan rencana program kerja Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan;
  2. mengoordinasikan penyiapan bahan penyusunan program kerja dinas;
  3. mengoordinasikan penyusunan bahan evaluasi dan pelaporan program kerja dinas;
  4. melaksanakan penyusunan rencana anggaran;
  5. mengoordinasikan penyusunan data statistik yang berhubungan dengan bidang Kajian Lingkungan dan Konservasi SDA, Pengendalian Pencemaran Lingkungan, dan Pengelolaan Sampah;
  6. melaksanakan penyajian informasi dan data statistik yang berhubungan dengan kajian lingkungan dan konservasi SDA, Pengendalian pencemaran lingkungan dan pengelolaan persampahan
  7. melaksanakan pengelolaan data base pengembangan sistem informasi bidang kajian lingkungan dan konservasi SDA, Pengendalian pencemaran lingkungan dan pengelolaan persampahan;
  8. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan laporan yang berkaitan dengan tugas Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan dan Keuangan;
  9. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait; dan
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Share: